Ini Fitur Canggih Sony Alpha 7RII Yang Menuai Fenomenal

Sony Alpha 7R Mark II. Kamera ini hadir dengan segala kecanggihan fitur yang dimiliki, mulai dari sensor, peredam getar, hingga prosesor dan kecepatan teknologi fokus yang dimiliki. Semua seperti berada dalam satu kamera mirrorless yang terkenal dengan kemudahan penggunaan dan kesederhanaan dalam menyimpan tanpa perlu banyak ruang untuk menyimpan.

α7R II memiliki resolusi tinggi (sekitar 42,4 megapiksel), sensivitas tinggi (dapat dikembangkan hingga ISO 102400) dan daya respon AF yang 40 persen lebih cepat jika dibandingkan dengan model α7R, berkat 399 titik deteksi fasa bidang fokal AF. Kamera ini juga dilengkapi dengan sistem stabilisasi gambar optikal 5 poros (5-axis image stabilization) yang diadaptasi dari model α7 II, dan memiliki kemampuan untuk mengambil dan merekam video 4K dalam berbagai format, termasuk Super 35mm (tanpa interpolasi piksel) dan format full-frame, yang pertama di dunia untuk kamera digital1. Selain itu, α7R II juga dilengkapi dengan XGA OLED Tru-Finder™ terbaru dengan kemampuan pembesaran jendela bidik tertinggi di dunia (0.78x).

Resolusi, Sensitivitas dan Daya Respon Tinggi
Sensor back-illuminated CMOS dengan kekuatan 42,4 megapiksel yang baru dikembangkan ini adalah sensor full-frame yang paling canggih, serbaguna dan memiliki resolusi tertinggi yang pernah dibuat oleh Sony, memungkinkan α7R II untuk mencapai tingkat kualitas, kepekaan dan daya respon yang lebih tinggi. Dahulu kebanyakan fotografer dihadapkan pada pilihan antara kamera yang memiliki resolusi tinggi dan kecepatan tinggi atau kamera dengan resolusi tinggi dan sensitivitas tinggi ketika memilih kamera. Kini, berkat sensor gambar inovatifnya, α7R II mampu menghadirkan keduanya.
Sensor 42,4 megapiksel menggabungkan lensa desain on-chip tanpa celah dan lapisan AR (anti-reflektif) pada permukaan kaca sensor untuk meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya secara dramatis, mewujudkan sensitivitas tinggi dengan kinerja low-noise dan dynamic range yang lebar. Hal ini memungkinkan kamera untuk membidik gambar dengan jangkauan ISO yang mengesankan antara 100 sampai 25600 yang dapat diperluas menjadi ISO 50 sampai 102400.
Stabilisasi Gambar Optikal 5 Poros 
Produk andalan terbaru ini, α7R II, dilengkapi dengan stabilisasi gambar optikal 5 poros (5-axis image stabilisation system) yang telah di sesuaikan untuk mendukung pengambilan gambar beresolusi tinggi. Serupa dengan sistem pada kamera model α7 II, stabilisasi gambar ini mengoreksi goncangan pada kamera dengan cakupan 5 poros selama pengambilan gambar, termasuk goyangan siku (pitch dan yaw) yang cenderung terjadi pada lensa telefoto, goncangan ringan (poros X dan Y) yang terlihat dengan penggunaan pembesaran, dan goncangan rotasi (roll) yang sering mempengaruhi proses perekaman video. Sistem kompensasi goncangan kamera ini setara dengan pengambilan gambar pada kecepatan shutter hingga 4,5 langkah lebih cepat.

Kinerja Perekaman Film 4K
Kemampuan merekam video berkualitas 4K (QFHD 3840×2160) dengan mode Super 35mm ataupun full-frame merupakan fitur yang telah termasuk dalam kamera terbaru Sony, α7R II. Dalam mode Super 35mm, kamera dapat mengumpulkan informasi dari sekitar 1,8x lebih banyak piksel dari 4K dengan menggunakan pembaca piksel secara penuh tanpa ada interpolasi piksel (pixel binning) dan pengulangan informasi (oversampling) untuk memproduksi video 4K dengan kualitas terbaik.
Desain yang Disempurnakan
Kamera full-frame terbaru α7R II telah memiliki XGA OLED Tru-Finder™ yang ditingkatkan dengan lensa asperis dua-sisi yang dapat menghasilkan magnifikasi terbesar di dunia, sebesar 0.78x yang berfungsi untuk melihat kembali gambar secara jernih dimana pengguna dapat melihat seluruh area tampilan. ZEISS® T* Coating juga telah tersedia untuk mengurangi refleksi yang dapat menggangu proses pengambilan gambar melalui kamera.
Kamera ini memiliki kesan profesional yang sangat solid di tangan berkat desain campuran magnesium yang ringan dan kokoh, yang juga telah dilengkapi dengan desain pegangan dan tombol shutter yang telah diperbaharui dari generasi sebelumnya. Mekanisme terbaru dari kamera ini berfungsi untuk mengakses dan mengunci mode yang diinginkan secara mudah, dilengkapi dengan beragam fungsi yang bisa diatur sesuai kebutuhan, serta berbagai tombol untuk memenuhi segala kebutuhan fotografer.
Kamera α7R II kompatibel dengan Wi-Fi dan NFC, dan dapat berfungsi penuh dengan aplikasi PlayMemories Mobile™ Sony yang tersedia untuk platform Android™ dan iOS, serta PlayMemories Camera Apps™, yang menambah kemampuan kamera untuk menyalurkan ide-ide kreatif. Sebagai contoh, pengguna dapat berkreativitas dalam time-lapse fotografi dengan adanya aplikasi “Angle Shift add-on” yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan pergerakan horisontal dan vertikal serta perbesaran pada gambar time-lapse tanpa menggunakan perlengkapan atau aplikasi komputer tambahan.

Sony juga telah memperkenalkan LCD monitor ringkas terbaru dengan tipe 5.0 Full HD (1920x1080p), CLM-FHD5, yang merupakan kombinasi tepat untuk merekam video. Layar ini telah memiliki fitur perbesaran dan peningkatan yang berfungsi untuk memfokuskan kamera secara tepat, penanda kesalahan warna dan penanda tingkat video untuk mengatur pencahayaan dan display S-Log untuk membantu perekaman S-Log.
Sony α7R II telah kompatibel dengan barisan produk adaptor lensa Sony yang terus berkembang, yang sekarang telah memiliki 63 model berbeda termasuk 12 lensa FE full frame. Pada awal tahun 2016, Sony akan menambah delapan lensa FE full frame baru, menjadikan jumlah lensa FE mencapai  20 lensa dan jumlah total adaptor lensa α mencapai 70 model yang berbeda. Kamera α7R II tersedia di Indonesia mulai Oktober 2015. Harga retail yang disarankan: Rp 39.999.000,- (body only).

Komentar