Tips Kalibrasi Fokus Kamera dan Lensa

Tips kalibrasi fokus kamera dan lensa. Setelah menggunakan kamera dan lensa beberapa lama tentu terdapat perubahan, banyak hal yang menjadi penyebab, dan banyak pula yang tak sempat untuk bertandang ke tempat servis kamera.


Nah, untuk Anda yang tidak sempat mengajak kamera Anda untuk di tunning atau diatur ulang Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi bertajuk FoCal.

Ini merupakan salah satu teknik kalibrasi fokus kamera dan lensa melalui penggunaan aplikasi software yang bisa Anda manfaatkan di dunia fotografi, seperti disinggung sebelumya bahwa beberapa mungkin memerlukan tunning atau pengaturan tambahan pada area fokus lensa dan body camera guna meningkatkan serta menjaga performa.

FoCal merupakan sebuah software yang telah lama hadir, tapi kali ini di 2015 aplikasi ini mengalami pembaharuan. Agak sedikit teknis memang, Anda bisa mendapatkan pilihan kalibrasi yang biasanya tersedia di bawah 'AF Microadjustment' (atau AFMA untuk Canon dan Sony) atau 'AF Fine Tune' (AFFT untuk Nikon body).

Dengan mengotomatisasi proses, Anda memungkinkan menguji beberapa kombinasi fokus untuk jarak subjek dengan mudah untuk 'tune-in' nilai kalibrasi terbaik untuk pemotretan yang diinginkan.

Aplikasi FoCal bahkan memungkinkan Anda untuk menguji setiap titik AF individu pada kamera Anda, yang dapat memberitahu Anda jika pada sistem AF body kamera Anda memiliki masalah untuk kemudian menghindari dengan melakukan pengaturan atau tunning.

Meskipun produsen telah mengkalibrasi semua titik AF di kamera, namun terkadang beberapa titik satu dengan yang lain memiliki nilai kalibrasi sama, pasalnya AFMA dan AFFT hanya secara global mempengaruhi semua titik fokus, sehingga perlu optimalisasi pusat titik AF.

Dan FoCal mampu menyelesaikan itu dengan melakukan kalibrasi fokus kamera dan lensa pada titik AF di body kamera baik Nikon atau Canon.



OS : Windows/ Mac
DEVELOPER : Reikan
WEB : http://www.fo-cal.co.uk
PRICE : Standard 20 Euro | Plus 40 Euro | Pro 70 Euro

Komentar