9 Fitur Kamera Canon EOS 5Ds R

Sedikitnya terdapat 9 fitur yang menjadi keunggulan kamera ini, dan salah satunya adalah pencitraan atau resolusi gambar yang sangat besar yakni 50M. Ini keunggulan kamera Canon EOS 5Ds R yang belum banyak diketahui orang.

Canon EOS 5Ds R - dpreview.com


Penasaran dengan fitur apa saja dan apakah fungsional, simak fitur-fitur yang dimiliki EOS 5Ds R berikut ini;

50MP CMOS sensor

Resolusi besar yang dimiliki tentu menjadi jawaban tentang harapan para juru foto akan jenis file JPEG dan tak perlu menggunakan RAW yang diperlukan piranti lunak khusus untuk melakukan post processing.

Dengan pencitraan 50MP diharapkan padatan pixel yang dimiliki akan lebih baik, dan yang tak kalah penting adalah sensor jenis CMOS dengan mengeliminasi filter cermin yang memberikan data kepada sensor atau dengan LPF (low pass filter).

LPF merupakan teknologi untuk meperjelas gambar dan biasanya digunakan pada teknologi terdahulu sebagai perantara data gambar yang diserap melalui lensa menuju sensor, namun seiring dengan perkembangan dan teknologi lensa serta sensor fullframe, maka LPF cenderung dihilangkan karena tanpa filter ini lensa dan kamera mampu menghasilkan gambar lebih baik.

5fps continuous shooting

Kamera ini bisa menghasilkan gambar lebih baik dengan durasi kecepatan rekah seperti ini, alhasil detil gambar video yang memang lazim menggunakan bisa lebih memiliki hasil maksimal.

ISO 100-6400 (Extends to 12,800)

Saat pengambilan gambar minim cahaya fasilitas ISO 100 yang Anda miliki mungkin minim, tetapi dengan mengunakan EOS 5Ds R Anda bisa memaksimalkan ISO hingga 12.800. Dengan kepadatan ukuran ini suasana lowlight bukan menjadi masalah. Sementara ukuran sensor lebih besar yang dimiliki serta hilangnya Low Pass Filter akan meminimalisir nois yang ada ketika menggunakan ISO tinggi.

61-point AF module with input from 150k pixel metering sensor

Anda bisa lebih leluasa menggunakan jenis lensa apapun, 61 titik AF yang dimiliki tentu membuat Anda bisa mengeksplorasi bermacam fokus dari objek yang Akan di potret. Dan kecepatan AF yang dimiliki telah teruji dan cepat.

Dual Digic 6 processors

Ini adalah komponen yang paling menentukan untuk membuat keunggulan kamera DSLR Canon EOS 5Ds R membahana, dengan prosesor terbaru diharapkan mampu mengkombinasikan video dan foto dengan baik tanpa ada masalah.

3.0" 1.04m dot LCD

Meski tergolong ukuran kecil dan lazim digunakan oleh genre kamera saku, namun jika dilihat dari nilai efisiennya maka ukuran layar ini cukup standar dan pas untuk melihat atau kontrol menu serta hasil jepretan apakah sesuai atau tidak, hanya saja ketika melakukan pengambilan gambar video akan terlihat terlalu kecil dan kurang lega ketika mata memandang.

CF & SD slots (UHS-I compatible)

Keunggulan kamera Canon EOS 5Ds R ini juga tak kalah mantap dari sisi kartu penyimpanan yang digunakan. Kamera ini menggunakan double slot yakni jenis SD card dan Compact Flash. Keduanya bisa digunakan dan masing-masing bisa diatur menggunakan slot CF atau SD sebagai main storage.

1080/30p video

Ukuran ini dirasa cukup untuk memenuhi kriteria perekaman video, selain resolusi yang standar dan sudah memenuhi keulitas definisi tinggi didukung oleh penayangan sistem pada perangkat televisi yang mudah sepertinya membuat canon tak mau beranjak untuk menggunakan reolusi 1080p untuk modus perekaman video.

M-Raw and S-Raw down-sampled formats

Meskipun telah memiliki megapixel besar EOS 5Ds R tetap menyertai ekstensi RAW. hanya saja ukuran yang dimiliki lebih kecil dibanding JPG file, hanya tersedia M Raw dan S Raw, selebihnya JPEG 50MP digunakan disertai 30MP APS-H crop and 19.6MP APS-C crop modes. Perlu diingat bahwa pastikann memori Anda cukup dan simpan kartu memori cadangan.

Komentar